Kursi kantor merupakan forniture yang selalu digunakan dikantor dengan beban cukup berat yaitu menopang tubuh penggunanya. Karena intensitas penggunaanya yang cukup tinggi dan dalam durasi yang cukup lama kursi kantor memerlukan perawatan khusus supaya tetap nyaman dan awet. Kenyamanan dan keawetan dari kursi kantor bukan hanya terletak pada seberapa mahal kursi tersebut tapi pada bagaimana kita menggunakan dan merawatnya. Kursi kantor yang tergolong murahpun mempu memberikan kenyamanan dalam jangka waktu yang lebih lama jika digunakan dan dirawat dengan baik. Hal tersebut merupakan hal sederhana tetapi penting dan perlu diperhatikan, bahkan perawatan kursi kantor tersebut akan menunjang keamanan penggunanya.

Pemahaman pentingnya perawatan bagi masing-masing kursi kantornya perlu disadarkan pada setiap masing-masing pengguna dan merupakan hal yang melekat pada pribadi penggunanya. Sehingga tanggung jawab menjaga dan memberikan perawatannya menjadi tanggung jawab pribadi penggunanya, tidak hanya mengandalkan bagian yang lain. Hal-hal yang harus diperhatikan agar kursi kantornya tetap terawat yaitu kebersihannya, cara pemindahan kursi yang benar, hindari kursi jadi bahan pijakan, hindari makanan atau minuman tumpah dikursi, hindari kursi dari benturan yang keras, dan kencangkan baut bagian kursi jika ada yang longgar.

Kursi Kantor
Kursi Kantor

Menjaga kebersihan kursi itu sangat penting untuk kenyamanan dan kewaten kursi. Karena dengan kursi yang kotor akan membuat kursi cepat rusak baik dimakan serangga, tikus, bahkan berkarat. Selain itu dengan kursi yang kotor lama kelamaan akan mengluarkan bau yang kurang sedap sehingga akan menggangu kenyamanan kita saat bekerja. Agar kursi kantor tetap terjaga kebersihannya sediakan lap khusus jadi setiap sebelum duduk kita dapat melapnya sehingga kursi tetap bersih dan tidak menularkan kotoran kepakaian penggunanya.

Pindahkan kursi dengan cara yang tepat salah satunya diangkat, hindari memindahkan kursi dengan cara di tarik apalagi kursi kantor yang tidak memiliki roda. Memindahkan kursi dengan cara ditarik akan membuat lecet pada bagian kursi dan kalau dilakukan secara terus menerus struktur kursi akan tidak kokoh lagi.

Hindari kursi dijadikan bahan pijakan untuk kepentingan lain, hal ini akan membuat alas duduk pada kursi rusak, selain itu struktur kursi akan berubah kalau dilakukan secara terus menerus. Kerusakan yang paling nampak terletak pada kain atau kulit penutup tempat duduknya bisa kotor atau sobek.

Hindari makan dan minuman tumpah di kursi, tumpahan tersebut akan meninggal bekas noda yang sudah dibersihkan dan menimbulkan bau yang tidak sedak. Salah satu upayanya hindari makan minum terlalu sering di kursi kantor, sehingga akan meminimaliris insiden tersebut. Jika terkenda tumpahan segara lap dengan lap kering dan bersih.

Bila kita melihat ada baut kursi yang longgar segera kencangkan jangan biarkan longgar bahkan lepas. Jika kondisi tersebut terus dibiarkan maka lambat laun kursi kan rusak dan mengancam keamanan penggunanya.

Kegiatan perawatan kursi kantor tersebut akan menjaga keawetan dan kenyamanan kursi kantor yang dimiliki meskipun yang harganya murah. Kegiatan perawatan tersebut harus menjadi kesadaran bagi seluruh pengguna kursi kantor.