Penggunaan brangkas di perkontoran saat ini semakin banyak seiring dengan perkembangan keamanannya yang tinggi. Brangkas di kantor beragam sekali penggunaanya, ada yang digunakan untuk menyimpan uang, surat-surat berharga, dan dokumen yang dijaga kerahasiaannya. Walaupun perkembangan teknologi sudah semakin pesat tetapi tidak berdampak pada penurunan penggunaan brangkas di perkantoran. Tingkat keyakinan seseorang terhadap keamanan brangkas masih cukup tinggi, tidak kalah dengan penyimpanan benda berharga / uang pada lembaga resmi seperti bank. Pada perkembangnnya setiap kantor itu menggunakan keduanya antara brangkas dan lembaga resmi / bank. Secara umum kantor memilih keduanya karena keduanya memiliki keuntungan. Keuntungan yang diperoleh dari penyimpanan dalam brangkas atau bank sangat diperhitungkan oleh perusahaan.

Brangkas
Brangkas

Di perkantoran kadang-kadang dihadapkan pada kondisi yang membingungkan dalam menyimpan uang atau surat-surat berharga, di brangkas atau di bank. Kebingungan tersebut bisa disebabkan oleh kurang pahamnya proses, mekanisme, dan keuntungannya. Proses penyimpanannya yang praktis kadang-kadang jadi bahan pertimbangan untuk menyimpan uang atau surat-surat berharga lainnya. Salah satu media atau tempat penyimpanan yang aman dan praktis adalah brangkas. Terkait dengan itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan menyimpan uang dan surat berharga di brangkas kantor yaitu: 1) tingkat keamanan kantor; 2) tingkat keamanan ruangan dalam kantor; 3) pemilihan jenis brangkas yang sesuai dengan brang (uang atau surat berharga) yang akan disimpan; 4) kemas kembali uang dan surat berharga yang akan dimasukan ke dalam brangkas; dan 5) jaga kerahasiaan brangkas.

  1. Sebelum menempatkan brangkas di kantor kita harus cermati terlebih dahulu keamanan kantor. Kita dapat mencermatinya dengan berkonsultasi dengan pihak keamanan dan karyawan kantor apakah pernah terjadi tindak pencurian atau kejahatan lainnya. Selain itu kantor dari tempat menyimpan brangkas harus aman dari bencana alam.
  2. Keamanan ruangan dalam kantor juga harus diperhatikan meliputi ketersediaan tenaga keamanan kantor yang selalu mengecek sekitar ruangan, ruangan tempat menyimpan brangkas apakah terkunci atau tidak.
  3. Pilihlah brangkas yang sesuai dengan benda yang akan kita simpan supaya tidak merusah kondisi uang atau surat berharga yang disimpan.
  4. Supaya bentuk dan kondisi uang, dokumen, dan surat berharga yang disimpan dibrangkas tidak rusak, kemas kembali dengan baik dan benar supaya kondisinya tetap baik meskipun disimpan dalam waktu yang lama.
  5. Jaga kerahasiaan brangkas dari pihak-pihak yang tidak berkepentingan, supaya memastikan brangkas yang ada di kantor tetap aman.

Berdasarkan deskripsi di atas proses penyimpanan uang, dokumen, dan surat berharga dalam brangkas lebih mudah dan praktis dibanding dengan menyimpan di bank.  Karena ketika menyimpan uang dan surat berharga dalam  brangkas tidak perlu meluangkan waktu yang lama, tidak format yang harus diisi, dan keleluasaan pemilik untuk menyimpan atau mengambil  uang atau surat berharga cukup cepat dan praktis.